Jumat, 05 Agustus 2011

HAL HAL YANG MENUTUP FITRAH DAN KESUCIAN HATI

  1. PRASANGKA NEGATIF
Prasangka negative merupakan salah satu penyakit hati yang mengakibatkan seseorang selalu bersikap defensive, tertutup dan beranggapan semua orang adalah musuh yang berbahaya, curiga cendrung menahan informasi dan tidak mau bekerja sama. Akibatnya akan mengalami kerugian tersingkir dari sosial banyak peluang yang terlewatkan tidak mampu bekerjasama dengan orang lain. Sebenarnya orang berprasangka mempunyai musuh terbesar dari dirinyha sendiri.
Hindari berprasangka negative selalu berprasangka dan berpikiran positif terhadap orang lain, hal ini akan mendorong lingkungan untuk terbuka dan saling dorong untuk keberhasilan, bersikap terbuka.
“Kebanyakan mereka hanya mengikuti dugaan semata sungguh dugaan tidak berguna sedikitpun melawan kebenaran, sungguh Allah mengetahui segala yang mereka lakukan” QS Yunus : 36

  1. PRINSIP PRINSIP HIDUP YANG SALAH
Mengikuti prinsip prinsip hidup selain berprinsip kepada yang satu Allah yang maha abadi akan mengakibatkan kita buta hati, berpotensi menghancurkan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.
Berprinsiplah hanya kepada Allah yang Maha Abadi
“Jika Allah mengetahui dalam diri mereka ada kebaikan tentulah dijadikan Nya mereka mendengar, tetapi sekalipun Allah menjadikan mereka mendebngar mereka akan berbalik dan berpaling juga” QS Al anfaal : 23

  1. PENGALAMAN YG MEMBELENGU PIKIRAN
Pengalaman hidup kejadian yang pernah dialami sangat berperan membentuk opini terhadap sesuatu masalah yang berpotensi merugikan diri sendir banhakan lingkungan. Berpikirlah merdeka, bebaskan diri dari pengalaman yang membelengu pikiran.
“Dalam hatinya ada penyakit dan Allah menambah penyakit itu, mereka beroleh azab yang sangat pedih dan menyakitkan disebabkan karena mereka berdusta”QS Al Baqarah : 10

  1. KEPENTINGAN DAN PRIORITAS PRIBADI
Kepentingan sangat bersifat diri sendiri, prioritas bersifat makro, hanya memkirkan kepentingan pribadi tanpa memperhatikan prititas akan mengakibatkan hati jadi tertutup untuk melihat hal hal yang berada di luar dirinnya menjadi egois dan mengakibatkan kerugian jangka panjang.
Prinsip hidup melahirkan kepentingan dan kepentingan melahirkan prioritas. Oleh sebab itu untuk melatih kepekaan terhadap prioritas maka kita harus berprinsip hanya kepada Allah dan selalu berpikir melingkar menggunakan 99 suara hati.
“Hai orang beriman bertakwalah pad Allah hendaklah setiap orang memperhatikan perbuatannya sebagai persediaan untuk hari esok bertakwalah pada Allah Sungguh Allah tahu benar apa yang kamu lakukan”QS surat Al Hasyr “: 18

  1. PENGARUH SUDUT PANDANG YANG SALAH
Sudut pandang yang salah terhadap suatu persoalan mengakibatkan orang akan buta hati dan cendrung memperturutkan hawa nafsu saja dan berprinsip pada hal yang selain Allah.
Oleh karena itu lihatlah semua sudut pandang secara bijaksana berdasarkan suara suara hati yang bersumber dari asmaul husna.
“hai orang beriman tegakkan keadilan sebagai saksi karena Allah dan janganlah kebencian orang mendorong kamu berlaku tidak adil, berlakulah adil itu lebih dekat kepada takwa bertakwalah pada Allah sungguh Allah tahu benar yang kamu lakukan”. QS Al maidah:8

  1. PENGARUH PEMBANDING
Dalam menentukan keputusan seringkali kita menggunakan pembanding yang sebenarnya belum tentu benar, akibatnya keputusan yang kita buat selalu bersifat subyektif.
Oleh karena itu sebelum mengambil suatu keputusan hendaklah kita periksa pikiran kita terlebih dahulu jangan melihat sesuatu karena pikiran kita tapi lihatlah sesuatu karena apa adanya.
“Telah kami ciptakan kepada manusia dalam Al qur an ini segala macam perumpamaan tetapi manusia dalam banyak hal suka membantah “ QS Al kahfi : 54

  1. PENGARUH LITERATUR
Banyak nya literature yang kita baca dan kita pelajari mengakibatkan kita sombong dan melupakan siapa pemilik Ilmu pengetahuan yang Hakiki, akibatnya kita mengagungkan ilmu pengetahuan yang kita miliki dan lupa siap yang memberi dan meiliki ilmu pengetahuan itu.
Oleh karena itu setiap saat kita belajar sesuatu ingatlah bahwa ilmu pengetahuan adalah bersumber dari Allah yang Maha mengetahui
“ Ialah yang menciptakan pendengaran, penglihatan dan hati bagimu tetapi sedikit saja kamu bersyukur” QS Almukminun : 78
Oleh karena itu untuk melindungi dan membuka God Spot Fitrah itu marilah kita berdzikir dan bertasbih mengingat kesucian Allah Subhanallah “Maha Suci Allah”. Mengingat kesucian Allah setiap hari akan membantu melihat suatu permasalahan dan peluang tanpa didasari oleh hal hal diatas. Memperbanyak dzikir dan tasbih akan melatih kita untuk membuka hati dan pikiran kita dan kembali ke fitrah manusia sebagai makhluk sempurna khalifah wakil Allah di muka bumi.
Untuk membuka hati dan pikiran kita setiap memulai sesuatu pekerjaan selalu menggunakan prisip bismillahhirahmanirrahim bekerja dan memulai sesuatu karena Allah yang maha pengasih dan penyayang.
Bekerja dengan prinsip bismillah akan menghindarkan kita dari prinsip kerja yang mengharapkan pamrih. Tidak mau bekerja sebelum tahu apa yang akan didapatkan nya, tidak ada keikhlasan . bekerja dengan prinsip bismillah adalah bekerja untuk tujuan jangka panjang mengharapkan ridho Allah.
Oleh karena itu lakukan semua pekerjaan karena Allah dan atas nama Allah dengan tulus.

Sumber : http://futureanddestiny.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar