Senin, 03 Oktober 2011

MENGOPTIMALKAN FUNGSI MASJID


"Hanyalah yang memakmurkan Masjid-Masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk". (Q.S.9:18, At-Taubah).

Ada tiga fungsi dan peran masjid. Pertama: sebagai tempat ibadah mahdhah dan ibadah sosial. Ibadah mahdhah adalah ibadah yang secara langsung berkaitan dengan Allah SWT, seperti; shalat, pengajian, tadarrus, dll. Tapi, secara tidak langsung, semua ibadah ini berkaitan dengan masyarakat. Masjid sebagai tempat ibadah sosial maksudnya masjid difungsikan untuk mengelola zakat, wakaf, membangun ukhuwah islamiyah, menjaga kebersiahan dan kesehatan bersama, melaksanakan qurban, dan membantu peningkatan perekonomian umat.

Kedua: memanfaatkan masjid  sebagai pusat muamalah atau pengembangan masyarakat, melalui bebagai sarana dan prasarana yang dimiliki masjid. seperti khutbah, pengajian,kursus ketrampilan yang dibutuhkan anggota jamaah, dan menyelenggarakan pendidikan formal sesuai kebutuhan dengan dengan masyarakat. 

Ketiga: memfungsikan masjid sebagai pusat pembinaan persatuan umat. Di masa Rasulullah SAW, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah belaka, tapi juga tempat menyatukan umat islam, penetapan strategi perang, pendidikan, dan pemberdayaan umat.

sudah saatnya kini kita memfungsikan masjid sebagaimana yang diinginkan Rasulullah SAW, apalagi saat ini banyak sekali persoalan-persoalan umat Islam yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Tempat yang paling efektif menelesaikan masalah ini adalah pembinaan umat melalui  masjid-masjid yang tersebar di seluruh tanah air. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan ini dan tidak perlu ditanya siapa yang akan memimpin, tapi mari kita mulai dari pribadi kita masing-masing untuk berinisiatif menghidupkan masjid. K-A-S.



2 komentar:

ANGKRINGAN mengatakan...

AKAN LEBIH BAGUS KLO LEBIH LENGKAP...

gondes mengatakan...

yups

Poskan Komentar