Senin, 17 Oktober 2011

Portable AbiWord v2.8.5


Abiword merupakan aplikasi pengolah kata dengan fungsi yang bisa dibilang mirip dengan Microsoft Word atau OpenOffice. Aplikasi buatan Abisource Inc. ini mendukung berbagai format dokumen populer sehingga Anda bisa dengan mudah bermigrasi ke aplikasi ini.

Nah, Abiword juga ternyata hadir dalam versi portabel. Baik feature maupun fungsinya tetap sama dengan versi desktop-nya.

Layaknya aplikasi portabel kebanyakan, Anda membutuhkan sebuah flashdisk USB yang di dalamnya telah terpasang Abiword Portable. Abiword juga termasuk ke dalam salah satu paket aplikasi pengolah kata pada aplikasi PortableApps versi Suite Light.

Fungsi utama Abiword memang bisa dibilang mirip dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Lalu, apa yang membuat Abiword berbeda? Awalnya, Abiword dibuat khusus untuk Linux. Tapi, seiring makin berkembang dan populernya aplikasi ini, kemudian hadir pulalah versi untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Abiword memang menggunakan open source code yang dibuat agar tidak membutuhkan waktu re-compile lama sehingga programmer tidak akan kesulitan untuk mengutak-atik kode aslinya.

Bila dilihat dari sisi penggunaan, Abiword sendiri menawarkan fungsionalitas yang sama persis dan tidak kalah dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Apalagi, Abiword memiliki berkas berukuran kecil. Kerjanya pun ringan dan tidak banyak memakan memori sehingga cocok digunakan pada komputer dengan spesifikasi terbatas.

Salah satu feature andalan Abiword yang cukup menonjol yaitu kolaborasi pada satu dokumen dalam waktu yang sama secara real time. Hal ini dimungkinkan berkat adanya layanan web AbiCollab.net yang memungkinkan Anda membuat dokumen dan mengajak rekan untuk menyuntingnya secara online

download
Portable AbiWord v2.8.5

0 komentar:

Posting Komentar