Rabu, 23 Mei 2012

Memanfaatkan Waktu Dengan Baik dan Berguna

Kata orang Arab waktu itu seperti pedang, gesit dan cepat. Kata orang Inggris Time is Money, waktu itu adalah uang. Waktu itu berharga, maka manfaatkan dan gunakanlah untuk hal-hal yang berharga. Saking berharganya sebuah waktu Alqur’an menegaskan “Demi waktu, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh atau sering berbuat kebaikan“. Ya, hanya orang orang yang beriman, percaya akan adanya Tuhan Allah, tidak akan merugi dalam hidupnya. Hanya orang-orang yang berbuat kebaikan, menjadikan diri menfaat buat orang lain, yang tidak akan rugi dan tidak merugikan orang lain.

Waktu itu Cepat Hilang

Waktu berlalu sangat cepat dan sangat pula hilangnya. Jika anda memiliki peluang untuk berbuat baik, maka sekaranglah waktunya. Jangan menunda berbuat baik hingga esok hari. Karena esok hari belum tentu akan datang lagi “pintu masuk” untuk berbuat baik tersebut. Ada sebuah hadits mengatakan, jagalah lima sebelum datang yang lima. Jaga sehat sebelum sakit, hidup sebelum mati, mudah sebelum tua, kesempatan sebelum kesempitan dan kaya sebelum miskin. Jika kita menjaga 5 hal di atas dengan baik, maka berarti kita telah memanfaatkan waktu dengan benar dan tidak membuang waktu dengan percuma. Contoh jaga hidup sebelum mati. Artinya selagi masih hidup berbuat baiklah karena apabila kita mati, tidak ada kesempatan lagi untuk berbuat baik. Selagi kaya yuk kita bantu yang miskin, bangun majlis-majlis taklim, sumbang pembangunan masjid dll. Karena kalau jika dalam keadaan miskin tidak ada lagi kesempatan untuk membantu dengan maksimal.

Malas Pangkal Kerugian

Malas tidak akan membawa kita sukses. Malas adalah penyakit. Banyak macamnya malas. Malas bekerja. Malas membaca. Malas ngeblog. Malas membaca. Pokoknya semua bentuk malas untuk berbuat baik adalah bagian hal yang membuang waktu dengan percuma. Malas bekerja misalnya. Tidak ada ceritanya malas bekerja untuk bisa menghasilkan kesuksesan. Yang ada justru karena malas orang banyak gagal. Malas ngeblog juga gitu. Tidak menulis artikel sehari saja termasuk malas. He he he. Ketinggalan kereta.

Kerjakan apa yang bisa kita kerjakan

Berbuat baik tidak berat dan tidak sulit. Intinya adalah Kerjakan apa yang bisa kita kerjakan. Membuang sampah walau hanya sebuah bungkus permen ke tempat sampah, atau membuang batu kerikil di tengah jalan, atau juga membuang duri yang berserakan di tengah jalan agar orang yang lalu lalang tidak menginjaknya, itu semua juga kebaikan. Anda blogger? Apa yang anda tahu? Ngeblog khan? Apakah anda tidak tergerak hati untuk memberikan informasi tips – tips blogging pada orang lain ? Semoga anda akan segera datang ke komputer atau ke laptop, lalu niat yang baik untuk memberika manfaat pada orang lain. Itu juga kebaikan loh. Atau anda pintar dan cerdik mencari uang di internet. Hmmmmm, kebangetan banget ya kalau tidak sharing sama saya. He he he. Masih banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk berbuat baik agar kita tidak termasuk orang yang merugi dan merugikan diri sendiri. Karena tidak memanfaatkan waktu berharga tadi.

Sumber : http://muktiblog.com/pesan-hidup/memanfaatkan-waktu-dengan-baik-dan-berguna

0 komentar:

Poskan Komentar